Sun Flower - Mario World Angin Lembah dan Angin Gunung | Bumblebee

Angin Lembah dan Angin Gunung



Angin Lembah

o  Pengertian angin lembah
             Angin lembah adalah angin yang bergerak dari lembah menuju gunung akibat dari suhu di lembah lebih rendah (tekanan tinggi) sedangkan suhu di gunung lebih panas (tekanan rendah).

o  Proses terjadinya angin lembah
             Ketika matahari terbit, gunung adalah daerah yang pertama kali mendapat panas dan sepanjang hari selama proses tersebut gunung mendapat energi panas lebih banyak daripada lembah. Sehingga suhu di gunung lebih tinggi dari pada suhu di lembah gunung. Hal ini mengakibatkan,  udara panas dari gunung naik dan digantikan oleh udara dingin dari lembah, sehingga terjadi aliran udara (angin) dari lembah menuju gunung.

o  Waktu
Angin lembah terjadi pada waktu siang hari.

o  Manfaat
             Angin lembah bermanfaat untuk membawa awan yang penuh dengan uap air ke daerah gunung yang kemudian akan menurunkan hujan.

Angin Gunung

o  Pengertian angin gunung
             Angin gunung adalah angin yang bergerak dari gunung menuju lembah akibat dari suhu di gunung lebih tinggi (tekanan rendah) sedangkan suhu di lembah lebih dingin (tekanan tinggi).

o  Proses terjadinya angin gunung
Ketika sore hari (matahari mulai terbenam), gunung telah mendingin sedangkan lembah masih panas (dalam proses mengeluarkan panas). Sehingga suhu di lembah lebih panas daripada suhu di gunung. Hal ini mengakibatkan, udara panas dari lembah naik dan digantikan oleh udara dingin dari gunung, sehingga terjadi aliran udara (angin) dari gunung menuju lembah.

o  Waktu
Angin gunung terjadi pada waktu sore hari atau saat matahari terbenam.

4 comment:

  1. Tertarik dengan pernyataan angin gunung dan angin lembah diatas. Apakah ada perbedaan antara suhu gunung lebih panas dan suhu gunung lebih tinggi? Sepertinya pengertian diatas terlihat sama, hanya dibalik saja dan menggunakan statement "suhu tinggi " dan "suhu panas". Tks

    ReplyDelete
  2. Ternya pengertian angin gunung seperti itu yah, tks sudah menambah pengetahuan saya.

    ReplyDelete
  3. Makasih kak artikelnya, berguna bangett:)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Copyright © / Bumblebee

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger