Sun Flower - Mario World Tulang, Otot dan Sendi | Bumblebee

Tulang, Otot dan Sendi


o   TULANG

Tulang keras
Tulang keras atau osteon banyak mengandung zat kapur dan sedikit mengandung zat perekat. Tulang keras pada bagian dalamnya rapat dan padat.
Tulang rawan
Tulang rawan atau kartilago terbentuk dari jaringan tulang rawan. Sel-sel penyusun jaringan tulang rawan disebut kondrosit. Kondrosit banyak mengeluarkan bahan berupa kondrin. Tulang rawan banyak mengandung zat perekat ( kolagen ) dan sedikit mengandung zat kapur.
Tulang pipa
Tulang pipa terdiri atas batang tulang padat yang berlubang. Contoh tulang pipa adalah tulang selangka, tulang paha, tulang betis, tulang kering, dan tulang hasta.
Tulang pipih
Tulang pipih adalah tulang yang tidak berlubang. Contoh tulang pipih adalah tulang tengkorak, tulang dada, tulang rusuk, tulang usus, tulang duduk, dan tulang belikat.
Tulang pendek
Tulang pendek adalah tulang yang ukurannya pendek dan beruas – ruas. Contoh tulang pendek yaitu ruas – ruas tulang belakang, tulang – tulang pergelangan tangan, dan tulang – tulang jari tangan.

o   OTOT DAN SENDI

Otot
-        Otot lurik          : terdapat banyak inti di tepi, terdapat garis gelap dan terang, terdapat pada rangka, bekerja secara sadar, sifat kerjanya cepat tapi tidak tahan lama.
-        Otot polos           : terdapat satu inti di tengah, penampangnya polos, terdapat pada organ – organ tubuh, bekerja secara tidak sadar (otonom), sifat kerjanya lamban dan tahan lama.
-        Otot jantung    : terdapat banyak inti di tengah, terdapat garis gelap dan terang, terdaoat pada organ jantung, bekerja secara tidak sadar, sifat kerjanya cepat dan tahan lama.
Cara kerja otot antagonis :
-        Fleksor (membengkokkan) >< Ekstensor (meluruskan)
Contoh : saat menekuk dan meluruskan lengan bawah
-        Abduktor (menjauhi) >< Adduktor (mendekat)
Contoh : saat merenggangkan jari dan merapatkannya
-        Depresor (kebawah) >< Elevator (keatas)
Contoh : saat menunduk dan menengadahkan kepala
-        Pronator (menelungkup) >< Supinator (menengadah)
Contoh : saat menelungkup dan menengadahkan telapak tangan.

Sendi
Sendi gerak (diartosis) :
-        Sendi engsel : mempunyai satu arah gerakan, contoh : pada siku, lutut, dan jari.
-        Sendi geser     : yaitu satu bagian tulang bergerak menggeser di tulang yang lain, contoh : pada pergelangan tangan dan kaki.
-        Sendi putar     : yaitu satu tulang berfungsi sebagai poros dan ujung tulang yang lain membentuk cincin yang dapat berputar pada poros tersebut, contoh : sendi antara tolang tengkorak dngan tulang leher.
-        Sendi pelana : pertemuan antara dua tulang yang berbentuk seperti pelana, contoh : pada ibu jari.
-        Sendi peluru : sendi yang dapat digerakkan ke segala arah, contoh : antara tulang panggul dengan paha, dan tulang lengan atas dengan tulang belikat.
Sendi mati (sinartosis) :
Yaitu sendi yang terbentuk dari hubungan tulang yang satu dengan tulang yang lain secara bersenyawa. Hubungan dari tulang – tulang tersebut tidak dapat degerakkan. Contoh : pada tulang-tulang tengkorak.
Sendi kaku (amfiartrosis) :
                Yaitu hubungan antar tulang yang memungkinkan terjadinya sedikit gerak (gerak terbatas). Contohnya pada persendian antara tulang rusuk dengan tulang dada.

1 comment:

Powered by Blogger.

Copyright © / Bumblebee

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger