Sun Flower - Mario World Cicak bisa berganti kulit? | Bumblebee

Cicak bisa berganti kulit?



Sebelumnya saya pikir cicak itu tidak bisa berganti kulit, lalu saya melihat seekor cicak pohon sedang berganti kulit (shedding) dan saya menjadi semakin penasaran.

Lalu saya bertanya pada guru biologi saya di sekolah, dan beliau awalnya juga mengatakan bahwa ia belum pernah mendengar bahwa cicak dapat berganti kulit. Namun setelah saya memperlihatkan foto cicak yang sedang berganti kulit, beliau juga menjadi penasaran dan bersedia membantu saya menemukan lebih banyak informasi mengenai cicak yang berganti kulit tersebut.
Sebenarnya kejadian yang hampir sama pernah terjadi di Sidoarjo, berikut adalah kutipan artikel yang dimuat pada  http://news.okezone.com/read/2011/05/14/340/457025/cicak-aneh-gegerkan-warga-sidoarjo .

“……..Pasalnya, Cicak yang dipelihara oleh Dwiyanto 46, warga Perum Wahyu Taman, Desa Sumput tersebut mempunya jari lima dan kepalanya lebih besar dibandingkan cicak pada umumnya. 

Bukan hanya itu, ditengah-tengah kepalanya pun juga terdapat lubang kecil yang mengeluarkan gumpalan putih. Besar kepalanya mencapai jempol pria dewasa. Lima jarinya juga terlihat pada masing-masing kaki.
Kulitnya yang berwarna kecoklat-coklatan saat ini sedang berganti kulit. Kulit lama pada cicak itu terlihat mengelupas………”

Namun kejadian diatas tersebut disertai dengan keanehan-keanehan lain dari si cicak. Berbeda halnya dengan cicak yang saya lihat sedang berganti kulit, cicak tersebut tidak cacat maupun abnormal. Cicak tersebut terlihat seperti cicak kayu pada umumnya.

Setelah lebih jauh mencari informasi mengenai pergantian kulit / shedding / ecdysis, saya baru mengetahui bahwa pada umumnya jenis reptil akan berganti kulit (sheding) secara berkala pada masa-masa tertentu untuk meremajakan lapisan kulit lamanya yg sudah rusak/mati, dan berganti dengan sel kulit baru. Termasuk dalam hal ini adalah cicak kayu (Hemidactylus frenatus) yang juga merupakan tergolong dalam kelas reptil.

Ternyata sebagian cicak memang telah diketahui dapat melakukan ecdysis. Salah satunya adalah Leopard gecko (Eublepharis macularius) yang tersebar di sebagian besar Amerika bagian tengah hingga selatan dan beberapa wilayah Australia yang beriklim subtropis.

Namun jika dicermati, kulit yang mengelupas pada cicak rumah dan Leopard gecko memiliki perbedaan. Kulit pada Leopard gecko lebih terlihat tebal berwarna kekuningan dan sisiknya terlihat lebih jelas. Sedangkan pada cicak kayu, kulit yang mengelupas terlihat seperti kertas tipis berwarna putih dan sisiknya tidak begitu jelas terlihat.

Meskipun dalam hal ini saya belum mendapatkan referensi yang menjelaskan secara detail mengenai ecdysis pada cicak kayu karena mungkin kasus ini sangat jarang dijumpai. Namun begitu, bukan tidak mungkin bahwa cicak kayu dapat melakukan ecdysis meskipun hanya terjadi pada sebagian organismenya saja.

0 comment:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Copyright © / Bumblebee

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger