Sun Flower - Mario World School Justice | Bumblebee

School Justice

School justice, judulnya sesuatu. Keadilan itu emang susah didapat, bahkan kadang kita ngrasa di sekolah aja banyak ketidakadilan. Salah satu ketidakadilan yang paling membuat saya sedih adalah kalo temen saya dapet nilai bagus tapi hasil dari nyontek dan bukan pekerjaan sendiri. How is your feel if your friends got 9 for exam by cheating while you got 7 by your self? I feel annoyed so! Where is the justice?! Calm down. That’s all what I can do.
Tapi walau udah dibikin sesabar mungkin kalau keterusan gitu terus rasanya jengkel banget. Kita yang udah berusaha semaksimal mungkin buat belajar, tapi mereka malah ngejagain contekan buat ulangan. Gak bangga ama yang begituan.
Kanapa sih mereka gak berkompetisi secara fair? Itu kan namanya membodohkan diri sendiri. Tugas tinggal copas, ulangan cari bocoran, testing bawa contekan, nilai 9. Huh, dimana keadilan? Lagi gurunya gak mau tau, yang diliat hasil akhir bukan proses. Itu tuh kalo sekolah lebih mementingkan nilai kognitif daripada afektif. Dekondensi moral jadinya. Sekolah itu kan selain tujuannya belajar teori juga belajar memperbaiki kepribadian, gak cuma cari nilai 9. Tapi apa jadinya kalo pelajar pada nyontek semua? Generasi mudanya aja mentalnya tempe, mau dibawa kemana bangsa ini??? (yeleeeh).
Nyontek itu udah jadi budaya anak sekolahan. Kalo ada yang mau jujur bener-bener ngerjain sendiri dan gak mau nyontekin dibilang egois lah, gak setia kawan lah, sok pinter lah, ini lah, itu lah, dasar kebo! Sebel saya. Kenapa sih mereka gak mau gunain otak mereka sedikiiiiit aja. Udah dikasih otak sesempurna itu kenapa gak digunain? Mubadzir banget.
Kalo cuma dapet nilai 9 dengan nyontek, saya juga bisa, tapi itu bukan saya. That’s not me. Anak TK aja juga bisa kalo cuma suruh copas jawaban dari buku. Dasar gak kreatif. Menurut saya pribadi, nilai itu tujuannya menggambarkan kemampuan kita, kanapa sih mesti dibuat-buat? Kalo terancam gak naik kelas, budaya patron client mulai merajalela, salah satu bentuk ketidakadilan lagi. Akbatnya mungkin gak sekarang, tapi nanti suatu saat, dan itu pasti. Tau ah, yang penting tetap jujur dan bertindak sesuai nilai-nilai dan norma yang berlaku. Kalo kita menanam sesuatu yang baik, pasti hasilnya juga akan baik. Stay cool.

0 comment:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Copyright © / Bumblebee

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger