Sun Flower - Mario World Various of Friends | Bumblebee

Various of Friends

How many friends you have? One? More than one? A thousand? So you have a thousand behavior to handle. Kadang temen bisa jadi tantangan sendiri buat kita. Gimana jadinya kalo sifat kamu itu kebalikannya sifat temen kamu? Many trouble will come to you, hehe… Gak lah, temen itu anugrah sekaligus musibah. Gimana bisa? Kalo sifat kamu bertentangan sama sifat temen kamu, kalian bisa saling mengisi kekurangan. Tapi awalnya pasti banyak konflik batin, hehe… Kalau kalian anak sosial, tentunya udah diajarin Sosiologi tentang masyarakat majemuk. Friendship has the close characteristic of it. Temen itu beragam, makanya harus pinter-pinter menyikapi sekian banyak perbedaan itu.
Cara paling ampuh menyikapi perbedaan itu dengan simpati dan empati. Kalo kamu lagi bener-bener sebel atau marahan sama temen kamu, cobalah posisikan dirimu sebagai dia. Dalam kasus saya, biasanya marah saya langsung ilang dan saya minta maaf, baikan deh. Saya pribadi merasa perbedaan itu bukan hambatan buat menjalin pertemenan, malah perbedaan dalam pertemenan itu bisa merubah diri seseorang untuk lebih low profile dan belajar untuk saling mengisi dan melengkapi kekurangan, itung –itung persiapan masa depan kalo udah berkeluarga dan menjalin hubungan dengan masyarakat luas, hehe…
Kadang banyak masalah timbul dari sekian perbedaan yang ada, terutama perbedaan sifat dan sikap. Saya sendiri juga masih belajar buat memahami kondisi satu-persatu temen saya. Beberapa masalah sudah bisa teratasi dengan menyikapinya secara benar.

1.     Menyikapi temen yang suka bercanda, tapi bercandanya keterlaluan
Apa jadinya kalo kamu punya temen kaya gitu? Kadang temen kita niatnya cuma bercanda, tapi karena menurut kita bercandanya keterlaluan kita jadi marah-marah dan segala bentuk penghuni kebun binatang disebutin, duh. Atau dalam kasus saya, saya ditakut-takutin sama binatang yang bikin saya phobia sampai nangis-nangis. Kalo udah kejadian kaya gitu, mendingan menjauhkan diri dulu dan menenangkan diri. Jangan langsung nasehatin temen kamu saat itu juga, pasti jadinya bukan nasehat yang keluar malah nama-nama binatang. Kalo udah tenang, baru dinasehatin baik-baik dan bilang supaya jangan diulangin lagi bercanda yang keterlaluan kaya gitu.

2.    Menyikapi temen yang lola dan lemot
Kalo yang satu ini saya udah kebal. Kalo kamu orangnya kaku dan pecinta kedisiplinan tinggi, punya temen lola merupakan tantangan yang kalo kamu gak kuat bisa ngrusak hubungan pertemanan kalian. Hmmm… Gak segitunya kaleee, sikapi aja orang lola dengan santai, tapi biasanya kalo orang kaku itu susah diajak santai. Alternatif lain, biarkan temen kamu tetap dengan ke-lolaannya dan jadilah teman yang baik dengan belajar sabar. Lama-kelamaan kepribadian kamu akan berubah jadi sedikit lebih santai dan gak kaku-kaku amat. Dari latihan sabar itu, kamu akan belajar banyak hal. Dan hal itu sangat terbukti dari diri saya sendiri.

3.    Menyikapi temen yang gampang hilang ingatan alias pikunan
Temen kamu suka lupa naruh barang? Temen kamu suka gak nepatin janji karena lupa? Temen kamu suka ngobrak abrik kamar nyariin kunci motor yang jelas-jelas dia kantongin? Bukan hal baru bagi saya. Kadang malah saya suka iseng nyembunyiin barang dia yang digeletakin sembarangan, sensasi tersendiri, hehe (jangan ditiru). Tapi kalo temen kamu bener-bener pusing nyariin barang dia yang dikiranya ilang, coba aja suruh dia flash back, biasanya cara itu paling manjur buat nyariin barang (utamanya kunci motor -.-). Kalo temen kamu sering gak nepatin janji karena lupa, ingetin janji dia setiap saat. Kalo perlu di wall facebook, twitter, BBM, MXit, sekalian aja tulis di kertas dan tempelin ke tempat-tempat yang dia biasanya lewat. Ribet amat.

4.   Menyikapi temen yang suka galau
Kalo kamu jadi sasaran curhat temenmu yang sedang galau, dengerin apa yang dia curahkan, walaupun kamu kadang risih juga kalo tiap jam dicurhatin melulu. Tapi usahakan jadi pendengar yang baik. Kalo bisa kasih nasehat yang baik-baik biar temenmu gak galau lagi, jangan malah dikompor-komporin. Kalo suatu saat kamu mungkin lagi galau dan kamu curhat ke temenmu pasti dia juga bakal berusaha buat jadi pendengar yang baik. Kalo kamu mau mendengarkan, pasti suatu saat kamu juga akan didengar.

5.    Menyikapi temen yang suka ngambek
Kata temen-temen saya, saya orang yang paling sering ngambek. Dan mereka biasanya kalo tau saya lagi ngambek, mereka pasti menjauh dan membiarkan saya sendirian. Waktu saya tanya kenapa, mereka bilang biar saya bisa berpikir jernih dan biar saya kesepian karna gak ada temen. Betul juga sih. Saya itu paling gak bisa ngambek lama-lama, gak ada temen dan sendirian itu gak seru. Tapi kalau temen kamu ngambeknya lumayan lama, coba introspeksi diri kalian masing-masing. Mungkin ada kesalahan-kesalahan yang keterlaluan atau hal-hal yang gak ngenakin lainnya. Kalo udah gitu, minta maaf sambil bawaain coklat pasti langsung baikan.

Nah, banyak juga ya masalah dalam pertemanan, gak cuma 5 itu doang. Makanya  belajar jadi mahluk sosial itu perlu. Perbedaan jangan jadiin alasan buat gak berteman, justru kalo temen kamu sifatnya sama persis kaya kamu malah gak seru, datar alias flat. Satu hal lagi yang penting dalam pertemanan adalah perhatian, tunjukin kalo kamu peduli sama temen kamu. Kasih dia support, saling menasehati, dan beri dia senyuman yang tulus. Karena bagi saya senyuman seorang teman itu sangat berarti. Jangan gengsi apalagi malu kalo temenan sama seseorang, terima kelebihan dan kelemahan temen kamu. IPA dan IPS itu ada untuk saling mengisi, pria dan wanita itu diciptakan untuk saling melengkapi, begitu juga teman, ada untuk saling berbagi.

0 comment:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Copyright © / Bumblebee

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger