Sun Flower - Mario World Asal Usul Kehidupan | Bumblebee

Asal Usul Kehidupan

TEORI ABIOGENESIS

Teori abiogenesis adalah teori yang menyatakan bahwa mahluk hidup berasal dari benda mati. Teori ini dikemukakan oleh Aristoteles. Contohnya misalnya berudu berasal dari lumpur pada musim hujan, dan belatung berasal dari daging yang membusuk.

Aristoteles juga berpendapat bahwa mahluk hidup yang berasal dari benda mati tersebut terbentuk secara spontan, sehingga teori abiogenesis sering juga disebut teori generatio spontanea.

TEORI BIOGENESIS

                Teori biogenesis adalah teori yang menyatakan bahwa mahluk hidup berasal dari mahluk hidup sebelumnya. Teori ini pertama kali dikemukakan oleh ilmuan Italia Francesco Redi (1688). Ia melakukan penelitian dengan menyiapkan tiga kerat daging hewan. Daging pertama ditempatkan pada stoples yang dibiarkan terbuka, daging kedua ditempatkan pada stoples yang ditutup rapat, sedangkan daging ketiga ditempatkan pada stoples yang ditutup kain kasa.

                Setelah beberapa hari, hasil penelitian tersebut adalah :
1.       Daging pertama membusuk dan didalamnya ditemukan banyak belatung.
2.       Daging kedua membusuk tapi tidak ditemukan belatung.
3.      Daging ketiga membusuk dan tidak ditemukan belatung, belatung hanya menempel pada kain kasa.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Francesco Redi berkeyakinan bahwa mahluk hidup tidak berasal dari benda mati. Belatung yang terdapat pada daging membusuk tidak berasal dari daging, tetapi berasal dari telur lalat yang hinggap disitu. Hasil penelitian tersebut menyebabkan teori abiogenesis mulai diragukan orang.

Percobaan Francesco Redi selanjutnya disempurnakan oleh Lazzaro Spallanzani (1750) dengan kaldu ayam yang dipanasi dan ditempatkan pada tabung kaca dan Louis Pasteur (1863) menggunakan kaldu ayam yang dipanasi ditempatkan pada tabung kaca berbentuk leher angsa. Dari hasil percobaan yang mereka lakukan, mereka menyimpulkan bahwa semua mahluk hidup berasal dari mahluk hidup sebelumnya. Louis Pasteur mengatakan bahwa kehidupan tidak bisa muncul pada tempat-tempat yang tidak terkontaminasi oleh kehidupan.

Louis Pasteur mengemukakan frasa terkait teori abiogenesis ini yaitu omne vivum ex vivo (semua kehidupan berasal dari kehidupan), omne vivum ex ovo (semua kehidupan berasal dari telur), dan omne ovum ex vivo (semua telur berasal dari kehidupan).

1 comment:

Powered by Blogger.

Copyright © / Bumblebee

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger