Sun Flower - Mario World Kenapa Golput? | Bumblebee

Kenapa Golput?

                Masih anget-anget nih lagi suasana pemilu. Baru aja kelar tanggal 9 April kemarin pemilihan caleg, ntar kita masih punya hajat lagi buat pemilihan presiden beserta cawapresnya. Kalo yang aku liat dari pemilu caleg kemaren sih masih banyak banget yang golput, dengan berbagai alasan tentu aja. Dan disini aku sebagai pihak netral ya, ga menyalahkan yang golput tapi juga ga menyarankan buat golput. Aku bukan anak fisip, bukan juga expert dibidang politik dan sebagainya, cuma mengamalkan pasal 28 aja. Kenapa sih pada golput? Berdasarkan yang aku amatin, dan juga yang aku rasain, mungkin aja alasannya kayak yang mau aku tulis ini ntar.

Pertama, rakyat sekarang lagi krisis kepercayaan nih ama pemerintah, apalagi ama DPR baik pusat maupun daerah. Kan banyak banget tuh skandal yang ada di DPR, aneh-aneh aja kelakuan para wakil rakyat kita sekarang. Dari hal sepele suka mangkir rapat, tidur pas rapat, nonton bokep pas rapat, selingkuh, bikin video mesum, ampe korupsi. Menggelikan. Mungkin para calon anggota legiselatif kita perlu diberi training dulu kali ya, biar bisa paham apa tugas DPR sebenernya. Dari namanya aja tuh sebenernya udah keliatan kan, Dewan Perwakilan Rakyat, ya tugasnya mewakili aspirasi-aspirasi masyarakat dan paling ga paham apa yang dibutuhin ama rakyat dan berusaha gimana caranya buat mensejahterakan rakyat. Bukan malah morotin uang rakyat dengan gaji bejibun dan fasilitas yang cukup mewah (atau mungkin mewah banget), tapi kerjanya ga keliatan, atau mungkin malah cuma makan gaji buta. Bukannya sok tau atau menuduh kalo DPR itu ga ada kerjanya, aku juga ga mau sok tau karena aku gapernah jadi DPR. Tapi sebagai rakyat sih itu yang aku liat, DPR itu kayak ga ada fungsinya. Jadi, gimana para petinggi Negara wakil kami yang terhormat, ada rencana buat memperbaiki kinerjanya tahun ini?

Kedua, para perantau yang jauh dari kampung halaman mungkin pada males buat balik ke rumah buat Cuma sekedar nyoblos nyumbangin hak suaranya. Itu bukan salah pemerintah sih, kan pemerintah udah ngasih berbagai kemudahan kayak A5 bagi yang merantau bisa nyoblos di TPS yang bisa dijangkau, dan yang belum terdaftar bisa ke TPS 1 jam sebelum penutupan. Kalo itu sih mungkin pemilik hak suaranya aja yang males ngurus surat buat jadi pemilih atau emang berniat golput. Golput sangat tidak dianjurkan saudara-saudara.

Ketiga, masih banyak kan nih aku nemuin para caleg yang main “politik uang” di masyarakat. Malahan ada caleg yang udah terlanjur ngeluarin duit banyak tapi ga kepilih malah minta duitnya dikembaliin. Haduh ga malu apa gan. Coba deh dipikir, apa yang ada dipikiran masyarakat kalo para calon wakil mereka udah main suap menyuap bahkan sebelum jadi legiselatif beneran, apa ga rakyat makin ga percaya ama mereka? Malah mungkin masyarakat mikirnya kalo caleg yang main “politik uang” itu ga bener, dan setelah dilantik mungkin para oknum-oknum tersebut akan berusaha nyari duit sebanyak banyaknya buat nutupin biaya buat jadi caleg itu. Ya caranya aku gatau, korupsi proyek mungkin, nyamber duit buat kesejahteraan rakyat mungkin, mungkin lho ya aku ga nuduh Cuma berspekulasi.

Keempat, paling yang nyalon itu itu aja. Yang tahun kemarin aja ga ada perubahan apa-apa, terus kalo tahun ini nyalon lagi kapan ada perubahannya? Apalagi kalo yang nyalon itu DPR yang berkasus, duh. Heran juga sih, kenapa banyak orang berbondong-bondong pengen jadi DPR. Mungkin karena banyak jalan buat dapet duit, haha.


Pokoknya, kami sebagai rakyat berharap kalo para wakil kami bisa bener-bener mewakili kepentingan-kepentingan kami. Bukan Cuma jadi DPR modal tampang atau modal tenar doang, baik pas mau pemilu doang, ngasih janji-janji manis pas kampanye apalagi pake konvoi motor, gausah deh berisik tau. Kita sebagai masyarakat juga harus berpartisipasi dalam kegiatan kenegaraan, paling ga jangan golput lah. Walaupun jaman sekarang susah nyari pemimpin yang bener-bener amanah, lebih susah dari nyari jodoh, haha. Tapi dengan kita menyumbangkan hak suara kita ke pemilu, kita paling ga berperan memilih pemimpin yang kita harap bisa bikin Negara ini jadi lebih baik. Semangat ya buat para pemimpin dan rakyat Indonesia.

0 comment:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Copyright © / Bumblebee

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger