Sun Flower - Mario World Korupsi Versi Pelajar | Bumblebee

Korupsi Versi Pelajar

Korupsi berasal dari kata berbahasa latin, corruptio. Kata ini sendiri punya kata kerja corrumpere yang artinya busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, atau menyogok.
Korupsi ternyata gak cuma dilakuin sama pejabat negara atau pegawai negeri aja lho. Ini dia tindak korupsi yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Paling sering sih kalo kita sedang berurusan dengan aparat. Tapi gak menutup kemungkinan hal yang sama kamu lakuin secara gak sadar di sekolah atau tempat tinggal. Contohnya :
Korupsi yang Merugikan Keuangan Sekolah
Misalnya kamu bendahara panitia Pensi di sekolah kamu. Acaranya butuhin dana 7 juta, tapi kamu minta ke sekolah 10 juta. Maunya sih sisanya buat syukuran atau makan-makan panitia, tapi itu namanya KORUPSI.
Menyuap Guru
Menyuap guru bukan berarti nyuapin makanan lho. Misalnya gara-gara semalem nonton bola Italy vs Spanyol ampe pagi buta semaleman gak tidur padahal besoknya ulangan dan kamu gak sempet belajar. Nilai ulangan kamu jadi jeblok deh, terus kamu datengin rumah gurunya sambil bawain gula teh plus uang rokok dengan harapan gurunya mau ngrubah nilai kamu, eheeem. Itu namanya KORUPSI.
Menyuap Aparat
Lagi enak-enak naik motor, eh ada pak Pol nyemprit. Ternyata kamu lupa gak bawa helm, lupa gak masang spion, lupa gak nyalain laumpu, lupa gak bawa STNK, dan lupa bikin SIM. Haduuh banyak amat yang dilanggar. Biar gak ribet urusanyya, kamu bilang ke pak Pol “Damai aja pak” sambil ngluarin uang selembar uang biru gambarnya I G usti Ngurah Rai. KORUPSI lagi deh.
Nyalahgunain Uang Orang Lain
Misalnya nih, kamu bendahara kelas yang tiap akhir bulan harus bikin laporan keuangan. Kamu nulisnya sisa saldo kas 500 ribu, padahal ada yang masuk kantong kamu 200 ribu. Awas itu uang haram hasil KORUPSI.
Malsuin Bukti
Misalnya lagi kamu disuruh ibu kamu beli cabe di pasar 1 kg suruh pake nota. Harganya 5 ribu, tapi kamu nyuruh yang jual ditulis di nota harganya 5500, walaupun Cuma kelebihan 500 tapi tetep aja KORUPSI.
Ngebiarin Orang Lain Malsuin Bukti
Kamu tau para panitia lain dalam acara sekolah kamu malsuin bukti, tapi kamu ngebiarin dan gak nglaporin ke guru, itu sama aja kamu ikut-ikutan KORUPSI.
Palak Memalak
Kamu mau jajan tapi gak ada duit? Kebetulan karena kamu kakak kelas paling senior kamu malak adek kelas kamu. Nggak ada bedanya sama pegawai negeri yang memeras orang yang seharusnya dia layani. Sama-sama KORUPSI.
Bolos
Kamu ijin ke UKS pas jam pelajaran yang kamu gak suka padahal kamu gak lagi sakit. Itu namanya bolos. Kalo kamu sampe bolos, itu namanya kamu udah megkorup waktu kamu sebagai pelajar. Ini juga salah satu bentuk kecurangan. Dan kecurangan itu salah satu bibit KORUPSI.
Benturan Kepentingan Acara di Sekolah
Jabatan kamu keren, jadi ketua OSIS sama leader Band Beken. Pas ada acara pensi, sekolah mau ngundang band-band dengan seleksi. Tapi kamu mutusin secara sepihak kalo band kamu boleh tampil tanpa seleksi. Itu namanya KORUPSI pengadaan.
Hadiah dari Teman
Suatu hari kamu bolos ekskul, tapi kamu minta tolong sama temenmu supaya namamu ditulis diabsen dengan imbalan ditraktir makan. Hmmm, itu KORUPSI.
Nyontek
Pas lagi ulangan matematika, tiap menit kamu lirik kanan kiri liatin jawaban temen. Kamu nyontek itu udah termasuk KORUPSI. Bayangin aja kalo temenmu udah susah-susah belajar, sementara kamu enggak. Nggak adil banget kan kalo nilai kalian sama-sama bagus. Yang dikorupsi? Apalagi kalo bukan ilmu!

0 comment:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Copyright © / Bumblebee

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger